Aliran Sesat Sensen Komara di Garut Yang Menjadi Perbincangan

oleh

Berita24-Masyarakat Kabupaten Garut dihebohkan dengan sebuah pengakuan seseorang yang bernama Hamdani yang mengakui dirinya Sensen Komara sebagai Rasul Allah. Sosok Sensen menjadi perbincangan publik, lelaki tersebut pernah mengakui dirinya sebagai Nabi dan menjadi Presiden Negara Islam Indonesia (NII).

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memastikan Sensen Sesat. MUI menilai banyak penyimpangan yang dilakukan Sensen dan pengikutnya.

“Jelas sesat, mereka melakukan ibadah yang tidak sesuai dengan syar’i yakni dengan melaksanakan salat menghadap timur. Jelas itu penistaan agama,” ujar Ketua MUI Garut Sirodjul Munir, Selasa (4/12) kemarin. Hamdani juga pernah mengirimkan surat ke kantor kecamatan Caringin. Surat itu berisi pemberitahuan bahwa ia sholat mengadap timur. Hal itu dibenarkan oleh ketua MUI Caringin Ahmad Nurjaman.

“Sejak Agustus kami tangani biar akidahnya kembali benar. Tapi itu belum beres, sudah ada lagi surat yang ini (pengakuan Sensen sebagai Rasul),” ucap Ahmad saat dihubungi, Rabu (5/12/2018).

Selain mengubah arah kiblat ke timur, para pengikut Sensen juga mengganti kalimat syahadat. Mereka mengganti kata Muhammad yang ada dalam syahadat dengan kata Sensen Komara bin Bakar Misbah bin Mugni. Hal tersebut dilihat dari surat pernyataan dari Hamdani yang kini jadi perbincangan.

Tidak hanya merubah arah sholat tetapi ia juga merubah kalimat syahadat. dalam perubahan itu, Nabi Muhammad yang berada dalam kalimat diganti dengan Sensen Komara bin Bakar Misbah bin Mugni. hal ini terlihat dari beredarnya surat yang diduga ditulis oleh Sensen Komara.

Mau Beasiswa ? Klik Disni

Sumber : Detiknews.com

Gambar : Detiknews.com|Dictio.id

Sumber: Berita 24